Tuesday 17 July 2012

this is about me ULTRAS is TRADITIONAL LOCAL SUPPORTER

1.Sedikit cerita tentang sepak bola dan suporter

aku adalah seorang yang lahir di negeri selangor, malaya
namun aku membesar dan belajar terlampau banyak dikota tercinta GRESIK
tapi ni bukan mau cerita riwayat hidup aku
ini hanyalah tulisan cerita tentang sepak bola dan suporter
yang ada dalam kehidupan aku
mungkin seingatku tontonan pertandingan sepak bola pertama yang aku lihat adalah FINAL WORLD CUP 1998 FRANCE VS BRAZIL
semua awalnya karena kakek aku suka nonton bola
jadi aku ikutan suka juga
berlalu hingga awal 2000 aku masih suka dengan FRANCE
mungkin kerana juara lagi :D
tapi di tahun 2001 lah aku benar2 paham apa itu sepak bola
tim kebanggaanku bertambah
AS ROMA di ITALI
LIVERPOOL di INGGRIS
BAYERN MUNCHEN di GERMANY
MADRID di SPANYOL

tapi hanya AS ROMA dan LIVERPOOL yang akan selalu melekat di hidupku
sebagian besar kerana aku kagum dengan suporter mereka ULTRAS ROMA/ROMANISTI DAN ANFIELD GANK/LIVERPOOLDLIAN

pada tahun itu juga
as roma meraih scudetto serie a dan piala super italia
liverpool meraih Piala FA, Piala Liga Inggris dan Piala UEFA-

dan beberapa yang akan selalu ku ingat adalah
#saat pertandingan juara AS ROMA VS PARMA
#batistuta mencetak gol ke gawang fiorentina( penjelasan) giornata ke 8batistuta menangis setelah mencetak gol ke gawang fiorentina
#hampir seluruh pertandingan di TV saat german ditampilkan aku menonton
hingga akhirnya german kalah di final oleh brazil :(

tapi untuk negara favorite
aku bertukar dari FRANCE ke GERMAN
kerana meskipun mereka bukan juara di world cup98 & euro 2000
tapi player dan permainan mereka mampu menggugah pilihanku
terutama player2 baru yang membuatku kagum terutama OLIFER KAHN
MIROSLAV KLOSE
MICHAEL BALLACK

hehe selain german pun aku ada suka dengan ITALI DENGAN TOTTI NYA
INGGRIS DENGAN BECKHAM NYA
ARGENTINA DENGAN BATISTUTA NYA

balik ke kota ku
tahun 2001 adalah tahun dimana aku mulai turun menjadi suporter.. Bukan menjadi penonton layar kaca lagi
bersama teman2 aku pergi mendukung tim PETROKIMIA PUTRA kebanggaan kota kami GRESIK
walau terkadang sering mbolos NGAJI
itupun pergi cuman membawa uang seadanya
cukup untuk beli 1 potong LUMPIYA dan urusan minum kita URUNAN
masuk stadium pun sudah dipastikan NUNUT orang dewasa yang bertiket
untuk syal pertama yang aku lihat adalah milik paman aku
SCUADRA GIALLO BLUE
PETROKIMIA PUTRA

hingga pada tahun 2002 PETROKIMIA PUTRA MENJADI JUARA LIGINA
setelah melalui masa yang sulit dan berbagai kejadian yang dramatis
cerita yang aku tahu salah satunya adalah saat semifinal mungkin seingatku
(dirijen kami sempat hampir membakar spanduk atau apa gtu
tapi karena gresik jadi lolos maka spanduk gak jadi terbakar dan hanya sebagian saja D ) ini adalah cerita waktu kecil lagi aku gak tau kejadian aslinya :'D

dan ULTRAS GRESIK mulai dikenal di belantika persuporteran indonesia karena sempat menjadi suporter terbaik seindonesiaBesarnya komunitas supporter menjadikan rasa kedewasaan yang menuntut pembenahan dlm kepengurusan maka diadakannya Kongres I sehingga pada piala Gubenur yang ke Ultras di nobatkan sebagai supporter terbaik se Jawa Timur dan sempat menjadi supporter kreatif se Indonesia versi SIWO -PWI. Sampai terdegradasinya PS. Petrokimia Putra tidak membuat surut semangat Ultras untuk menghidupkan persepakbolaan di Kota Gresik tercinta ini.
emang benar  banyak juga seporter club sepak bola di INDONESIA ini memakai nama ULTRAS
tapi , ada tapinya
INGAT hanya kamilah ULTRAS GRESIK (GRESIK UNITED) yang paling ter'ISTIMEWAH/ter'ELEGAN dbandingkan yang lainnya .
hanya KAMILAH yang dimana2 kami dijuluki sebagai ULTRAS MANIA"
hanya kamilah yang dari DULU hingga SEKARANG masih tetap KONSISTEN terkenal dngan nama ULTRAS GRESIK (GRESIK UNITED)
hanya kamilah juga ULTRAS yg prnah meraih the best seporter dengan nama
ULTRAS GRESIK" (MANIA)
ULTRAS kami ini fans club bukan ULTRAS korwil yg kebanyakan (rata - rata) dipakai suporter club sepak bola di indonesia lainnya
kami ada bukan karena emosi sesa'at , uang , / paksa'an .. tapi kami ada karena panggilan HATI & JIWA dari kami sendiri
Dan bagi kami :

\m/ ULTRAS GRESIK (GRESIK UNITED) \m/
DULU , SEKARANG , dan SELAMANYA .... !!! by Vihril

aku gak bisa cerita semuanya kerana sudah ada yang lupa dan ada juga yang biar jadi ingatanku sendiri

setelah tahun kegemilangan berlalu semua kembali biasa
player2 gresik pun dijual dan ada juga yang pindah ke klub lain :(
prestasi menurun dan akhirnya DEGRADASI :'(

XXXXXXX
2. Lanjutan ini versi suporter kebangsaan
kerana aku lahir di malaysia
maka impian aku kecil sebagai pemain bola
aku ingin jadi pemain timnas malaysia :)
tapi sampai kisah itu terjadi aku tak pernah kesampaian untuk memiliki jersey malaysia :(

pada tahun 2004 aku kembali ke malaysia untuk ambil I.C (kartu kewarganegaraan malaysia) kerana sudah berumur 12 tahun
saat itu berlangsung juga piala tiger
pada masa fase grup aku masih di indonesia
aku mengidolakan seorang HARDI ZAAFAR
apalagi saat gol spectacular nya ke gawang singapura yang saat itu dijaga lionel lewis
kiper terbaik turnamen itu

tapi semua terbalik dalam waktu singkat
sebelum semifinal kedua
kami nonton bersama di kongsi (semacam tempat berkumpulnya suatu kelompok di satu tempat)
sebelum pertandingan dimulai memang semua seakan gusar
tapi ada seseorang diantara orang2 tua yang ada disitu berkata
"kita tengok saja pertandingan ini
apa2 yang terjadi setelah ini
itu sudah takdir kita jadi pendatang di negeri ini" dalam bahasa madura tentunya :D
pertandingan pun akhirnya pun dimenangkan INDONESIA
kegembiraanpun terpancar dari masing2 orang
saat semua hendak kembali ke rumah dan kamar masing2
orang tua tadi pun berpesan
"hati2 semuanya, kemenangan ini ada balasannya
tapi jangan pernah takut
takdir kita hanya ALLAH yang mengatur"
sampai jumpa besok di tempat kerja saudaraku"
dalam bahasa madura tentunya :D
akhirnya aku tahu kalau orang itu sudah seperti pemimpin anggota kumpulan kami

saat aku hendak tidur
bapak beranjak keluar kamar
tapi aku mencegahnya
tapi bapak menjelaskan kepadaku bahwa bapak dan kawan2 bapak hendak berjaga2
"TIDURLAH SAL, KALAU ADA APA2 TENANG SAJA
SAAT BESAR NANTI KAU AKAN TAU APA YANG TERJADI"
aku akhirnya tidur ditemani emak :D
hehe namanya aja masih kecil tau ^^

mungkin belum lama aku tertidur
tiba2 ada suara gaduh yang membangunkanku
emak juga sudah tak ada di kamar
yang aku nampak dari dalam kamarku
diluar sana ada mobil rela (kereta kepolisian malaysia)
yang aku ingat aku keluar kamar dan disaat kelam kabut itu
aku nampak bibi aku
jadi aku berlari kearah bibi aku
selanjutnya dulu aku tak paham
bibi, aku dan beberapa orang dari kumpulan kami dan dari kumpulan lain
dipaksa naik kereta polis

dah tak yah cerita lagi dah apa yang terjadi
dua hari kemudian baru kami boleh keluar dengan bantuan negosiasi ntah apalah namanya

biarlah ini semua jadi kenanganku

#terinspirasi setelah membaca tulisan dari bagian kreasi ultras mania

XXXXXXX


3. Semakin dewasanya seorang suporter

hari2 pun berlanjut dan musim berganti
akhirnya LIVERPOOL juara champions league

GRESIK UNITED pada 2 Desember 2005, sebagai gabungan antara Petrokimia Gresik (tim Divisi Utama) dan Persegres Gresik (tim Divisi II).
masa baru pun kembali
gegap gempita yang pudar pun kembali bersemangat
hmm awal yang cukup baik walau tidak banyak yang terjadi
GERMANY dikalahkan ITALIA
FRANCE gua gagal di final dengan dramatik
dan akhirnya ITALIA juara FORZA GLI AZZURI

hinggap lagi di gresik
beberapa tahun menjadi seorang ultras mania gresik
ini adalah salah satu yang gak akan pernah kulupakan
hari itu selasa 6 MEI 2009
GRESIK UNITED VS PERSEBAYA
siang itu aku masih magang (praktek bengkel) sebenarnya aku minta libur tapi gak boleh
hmm tapi orang yang kerja disitu membolehkanku pulang agak awal tetapi setelah pertandingan selesai disuruh kembali ke bengkel lagi
everything is oke
jam 4 kurang aku berangkat ke stadium
dengan hanya diberi waktu istirahat 2 jam karena takut bos tau
maka aku bergegas masuk stadium dengan perasaan agak aneh
sampai di stadium yang penuh dengan BONEK si suporter persebaya
sedangkan para ULTRAS GRESIK hanya sedikit kurang lebih mungkin 1 sektor saja
dalam pertandingan itu GRESIK UNITED menang 2-1 atas persebaya
dengam beberapa keributan KECIL di pinggir lapangan
hingga akhir pertandingan terkendali
aku bergegas pulang setelah peluit dibunyikan
karena aku seorang diri dan tidak ada siapa2 yang aku kenali
maka aku pulang ke bengkel begitu saja
sampai dibengkel aku membantu membereskan bengkel ini karena mau tutup

tapi tidak lama berselang
terdengar suara ramai menghampiri sekitar bengkel
terlihat mereka seperti lari dari kejaran dengan ada yang membawa kaos, baju, celana yang entah dari mana mereka mendapatkannya
entah mengapa diantara mereka ada yang berhenti didepan bengkel
tiba2 saja ada lemparan batu dan kayu yang mampir ke bengkel
tiba2 aku dan mas yanto yang tinggal di bengkel gak sempat berbuat apa
cuman bisa membalas seadanya juga dengan lemparan
mas yanto mencoba menutup gerbang bengkel tetapi tak mampu karena agak banyak bonek yang melempari kita
"oi onok ultras gresik rek, sikat !!!"
ternyata mereka melihat spanduk dan kaos ULTRAS GRESIK ku
yang masih ada diatas sepeda motorku yang terparkir dihalaman motor
ada yang masuk dan hendak mengambil atributku itu
dengan cepat aku kibas remaja itu dengan sapu
kerana itulah yang bisa aku ambil secepatnya
tapi setelah remaja itu berlari kebelakang dan ATRIBUTKU kembali aman
hehe akhirnya aku juga merasakan lemparan batu dan 2 kali GEPUK AN ranting kayu
sebelum mereka lari karena masyarakat sekitar mulai datang
aku hanya bisa bersyukur kerana selamat ^^

akhirnya yang aku tahu
setelah pulang dari stadion para bonek membuat onar hingga ke jalan ra.kartini
tempat bengkel kerja ku berada
tepat di sekitar distro baju yang dijarah oleh para bonek

sesungguhnya masih dendam
tapi apalah gunanya dendam
jika damai itu indah
asal jangan terulang


XXXXXXX

4. 2010-2011 adalah masa terakhirku di gresik
sebelum aku merantau
kembali ke tempat aku dilahirkan SELANGOR, MALAYA

itu mungkin musim terbaikku saat menonton GRESIK UNITED  ku
dengan segala home away nya
kerana aku sudah gak sekolah dan gak kerja
jadi gak ada yang bisa jadi alasan untuk aku absen ^^

hmm sekarang aku dah hampir 1 tahun disini
tempat ku mencari nafkah dengan segala kondisi baru yang belum bisa menyesuaikan sepenuhnya

SELANGOR F.A itulah nama klub yang kudengar dari tahun 2005 dari orang tuaku
saat mereka bercerita tentang TREBLLE WINNER
BAMBANG PAMUNGKAS dan ELLIE AIBOY
yang menjadi pemain kunci saat itu
tapi hanya dari cerita orang tua ku lah aku tau perkembangan SELANGOR F.A

akhirnya ketemu juga wadah tempatku ingin jadi suporter SELANGOR
di facebook aku terjumpa page n grup ULTRASEL (Ultras Selangor)

Hehe kadang bila time rehat separuh masa
duduk sorang2 aku boleh jiwang pulak
dulu aku cuman dengar je bapak emak aku citer pasal tim SELANGOR ni
macam mana bambang jadi best player, top score, trebble winner
dan penyokong yang selalu ramai
banner kat mana2
jawa2 orang2 indonesia pun banyak datang stadium
pasal ada bambang dan ellie aiyboy

tiba aku balik kat selangor ni
bapak dah agak dah aku pasti jadi penyokong selangor
walaupun bapak nak tipu macam mana pun
bambang dan ellie dah tak main lah
hardi zaafar dan safee salee dah tak main lah
penyokong tinggal sikit lah
tim selangor dah tak menangan macam dulu lah

hmm tak apelah aku still berangkat
first time join ULTRASEL ni 8 februari
seingatku akhir januari atau awal februari aku join
first lawan lionsXII FA kot ^^
tak seperti yang kubayangkan
mereka boleh terima aku
padahal aku adalah seorang INDONESIA
yang sebagian besar dibenakku agak gimana gitu

Bila nak sokong kat stadium shah alam
nak tak nak mesti jalan dari batu 3 sampai stadium
memang penat lah tapi tu lah rebell nya

jalan sorang2 pun boleh layan jiwang dejavu time masih kecik dulu
jalan dari rumah pegi stadium mesti jalan ngan kawan2
kalau ada angkutan baru kita boleh tumpang alias "nggandol"
pernah jugak aku kene sekolah balik lambat time ada pertandingan
kawan2 pun dah pegi semua
nak tak nak pun aku mesti lah jalan sorang2
tapi inilah gresik
sampai tengah jalan pun kita boleh campur ngan budak2 lain
entah kenal ke tak kenal jalan sama je lah
SIJI GRESIK SIJI ULTRAS
pasal ni lah aku tak kesah walau jalan jauh sorang2
nama juga sudah GRESIK UNITED STREET PUNK
jadi tak paya nak takut jalan orang
YOU'LL NEVER WALK ALONE
pphhiiuuwwiitt

sampai saat ini aku oke dengan keadaanku bersama mereka
solidaritas terlalu hebat menurutku
jika aku ada masa
mereka mau menjemputku dan mengantarku pulang
sungguh tersanjung aku dibuatnya
bertemu lawan baru dan rival baru
tak ada yang salah menurutku ^^

entah apa yang mau dikata
inilah kehidupan seporter ku
hanya untuk berbagi cerita dan mengisi waktu kosongnya masa kerjaku
tertulis begitu saja
tapi ada yang privasi juga
dan tak ada kesalah pahaman tentangku
karena aku ada di garis keras sebuah batas rivalitas
menurutku aku ingin menjadi ultras seperti yang aku mau
bukan glory hunter ataupun ultras yang terlalu ikut kepahaman tapi tak mengerti nilai2 murni seorang ultras dan tradisi menjadi suporter

ALANGKAH INDAHNYA BERSATU - ULTRAS MANIA GRESIK
BANTAI SAMPAI MATI - ULTRASEL
DAJE ROMA DAJE - ULTRA ROMA
YOU'LL NEVER WALK ALONE - HOOLIGAN LIVERPOOL

never stop the step till the end 19\m/99
<photo id="1" />

No comments:

Post a Comment